http://kata.news


HOME I NUSANTARA I MANCANEGARA I EKBIS I OLAHRAGA I IPTEK I HIBURAN

ads

Google Rayakan HUT ke-74 RI Lewat Doodles Gapura 17-an

VIVA – Google ikut merayakan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-74 Indonesia dengan Doodle bertema 17-an. Dalam gambar tersebut terlihat warga bergotong-royong menghias gapura di sekitar tempat tinggalnya.

Warna merah putih dan tulisan "HUT ke-74 RI" serta tanggal ulang tahun Republik Indonesia juga menghiasi Doodle hari ini.

Saat mengklik Doodle tersebut, akan masuk dalam pencarian "Hari Kemerdekaan Indonesia". Selain pemberitaan dan video soal ulang tahun RI, juga terdapat informasi dari Wikipedia mengenai proklamasi kemerdekaan.

Doodle tersebut juga bisa dibagikan melalui email, Facebook dan juga Twitter serta tautan link lho.

Dalam keterangannya di laman Google Doodles, Sabtu, 17 Agustus 2019, doodle tersebut diilustrasikan oleh seniman asal Indonesia, Hari Prast. Pihak Google juga menjelaskan bahwa hari ini juga dikenal dengan beberapa sebutan, yaitu Hari Kemerdekaan dan juga Tujuh Belasan.

Lihat Juga

Pada hari ini tahun 1945 lalu, pemimpin Indonesia saat itu, Soekarno membacakan teks proklamasi di rumahnya di Jakarta, mendeklarasikan kemerdekaan Indonesia. Pada hari itu, bendera merah putih atau dikenal dengan Sang Saka Merah Putih dikibarkan untuk pertama kalinya.  

Makna kemerdekaan juga dikatakan pihak Google sebagai waktunya masyarakat yang berbeda etnis hingga bahasa untuk berkumpul bersama saat perayaan yang membahagiakan. Hari Kemerdekaan biasanya dimulai dengan pengibaran bendera, parade, dan permainan lokal, seperti balap karung, panjat pinang dan lainnya.

Pihak Google pun menulis, terdapat kebiasaan untuk bekerja sama membuat Gapura, seperti yang ditunjukkan dalam Doodle hari ini. Gerbang penuh warna untuk mempercantik pintu masuk ke lingkungan desa atau kompleks mereka dalam merayakan kemerdekaan Indonesia bersama-sama.

"Dirgahayu Indonesia," tulis pihak Google.



Sumber: Viva.co.id

Klik tautan (link) sumber jika konten berita terpotong atau tidak lengkap
loading...