http://kata.news


HOME I NUSANTARA I MANCANEGARA I EKBIS I OLAHRAGA I IPTEK I HIBURAN

ads

Mobil Keyless Ternyata Mudah Dibobol Pencuri, Ini Videonya

loading...

LONDON - Mobil tanpa kunci (keyless car) memberikan kenyamanan besar bagi pemilik dan pengemudinya. Namun mereka juga perlu sadar bahwa teknologi tersebut justru memudahkan "kerja" pencuri mobil.

Laman Motor1 melaporkan, dalam hitungan detik, penjahat mendapatkan mobil tanpa kunci dengan menggunakan perangkat yang menyampaikan sinyal dari fob kunci ke mobil. Hal itu memungkinkan mereka untuk membuka pintu mobil, menyalakan mesin, dan membawanya kabur.

Pencurian mobil di Inggris dan Wales saat ini berada di level tertinggi dalam delapan tahun terakhir. Tahun lalu saja, ada 106.000 mobil sukses digondol maling.

[embedded content]


Pertanyaannya, mobil apa saja yang berpotensi dibawa kabur dengan mudah oleh pencuri? Dilansir dari laman Motor1, ada pengujian terhadap tujuh mobil baru yang semuanya dilengkapi dengan teknologi tanpa kunci. Hal itu dilakukan untuk melihat mobil mana yang paling rentan terhadap pencurian.

Baca Juga:

Hasilnya, pintu DS3 Crossback Ultra Prestige dapat dibuka hanya dalam waktu 5 detik dan butuh 5 detik lagi untuk menjalankan mobil tersebut. Jadi total 10 detik untuk membawa kabur mobil tersebut.

Sedangkan Audi TT RS juga dapat dibobol pencuri dalam waktu yang sama. Tetapi hanya ketika sistem entry keyless opsional aktif.

Land Rover Discovery Sport ikut menjadi kendaraan berkinerja buruk lainnya dalam pengujian keamanan. Mobil canggih nan elegan itu dapat dicuri dalam waktu 30 detik dengan kunci standar.

Lalu BMW X3 (2018) yang memiliki teknologi pendeteksi gerakan untuk kunci, pintunya dapat dibuka oleh pencuri hanya dalam waktu 40 detik. Lalu cuma butuh waktu tambahan 20 detik untuk membawanya kabur.

Hal yang sama terjadi pada Ford, Audi, dan Mercedes-Benz. Semua itu terjadi ketika digital smart key, sleeping key fob atau apapun namanya sedang dalam posisi aktif. Nah ketika dalam posisi non-aktif, pencuri tak bisa melaksanakan rencananya dengan mulus.

Sementara Land Rover Jaguar berusaha untuk mencegah pencuri dengan meminta kunci memancarkan berbagai sinyal radio. Hal itu mencegah pencuri mengunci satu sinyal.

"Sangat keterlaluan bahwa beberapa pembuat mobil telah memperkenalkan sistem masuk dan memulai tanpa kunci, tanpa membuat mereka sedekat alternatif tradisional yang telah mereka gantikan," kata What Car? Editor, Steve Huntingford.

"Berita bagusnya sejumlah kecil merek menangani masalah pencurian mobil dengan serius, tapi lebih banyak yang harus dilakukan untuk meningkatkan keamanan," katanya lagi.

(mim)



Sumber: Sindonews.com

Klik tautan (link) sumber jika konten berita terpotong atau tidak lengkap
loading...