http://kata.news


HOME I NUSANTARA I MANCANEGARA I EKBIS I OLAHRAGA I IPTEK I HIBURAN

ads

Cara Memisahkan File PDF di Laptop dan Smartphone

Jakarta - Punya file PDF yang halamannya ratusan hingga ribuan? Padahal kalian hanya butuh beberapa halaman untuk digunakan dan tidak ingin menyimpan sisanya karena ukurannya terlalu besar?

Tidak perlu khawatir, karena saat ini sudah banyak layanan dan aplikasi yang memungkinkan kalian untuk memisahkan atau split PDF dengan mudah. Layanan ini juga sebagian besar tersedia online, sehingga kalian bisa menggunakannya di smartphone Android maupun PC atau laptop tanpa mengunduh aplikasi tambahan.

Berikut detikINET jabarkan dua cara memisahkan PDF yaitu memisahkan sekumpulan halaman spesifik dan memisahkan tiap satu halaman PDF. Yuk simak tips berikut.

1. Memisahkan Sekumpulan Halaman

Sebelum memulai, patut dicatat bahwa cara ini menggunakan layanan online, jadi kalian tidak perlu mengunduh aplikasi apa pun. Karena bisa diakses secara online, cara ini juga bisa digunakan jika kalian menggunakan smartphone Android maupun PC/laptop.

Untuk memisahkan file PDF, buka browser pilihan kalian dan masuk ke situs https://ift.tt/34ERYmF. Klik tombol 'Pilih file PDF' untuk memilih file PDF yang ingin dipisahkan di file manager kalian.

Kalian juga bisa memilih file PDF yang disimpan di Google Drive atau Dropbox. Setelah memilih file yang diinginkan, tunggu sebentar hingga file selesai diunggah. Durasi mengunggah file tentu saja tergantung pada ukurannya dan kecepatan internet kalian.

Setelah selesai diunggah kalian akan melihat toolbar di sisi kanan layar yang berisi mode untuk memisahkan file. Pilih mode 'Rentang khusus' dan kalian bisa memilih dari halaman berapa hingga halaman berapa yang ingin dipisahkan.

Misalnya jika kalian ingin memisahkan halaman 10 hingga 20. Di kolom 'Dari halaman' masukkan angka 10, kemudian di kolom 'ke' masukkan angka 20.

Jika sudah sesuai klik 'Pisahkan PDF' yang berada di bagian bawah. iLovePDF akan secara otomatis mengunduh file PDF yang telah selesai dipisah ke smartphone atau laptop kalian.

2. Memisahkan Tiap Halaman

Dengan memilih cara ini file PDF kalian akan dipisahkan menjadi satu halaman PDF yang terpisah masing-masing secara otomatis. Jadi, jika file PDF utuh kalian terdiri dari 100 halaman, setelah dipisahkan kalian akan memiliki 100 file PDF dari halama-halaman tersebut.

Caranya hampir sama dengan langkah di atas dan bisa kalian lakukan di smartphone Android maupun laptop. Buka situs https://ift.tt/34ERYmF di browser kalian dan unggah file PDF yang ingin dipisahkan.

Setelah melihat toolbar di sebelah kanan, pilih mode 'Ekstrak halaman'. Kalian bisa memilih ingin memisahkan semua halaman atau memilih halaman tertentu untuk dipisahkan.

Jika kalian ingin memisahkan halaman spesifik, pilih mode 'Pilih halaman' dan masukkan rentang halaman yang diinginkan di kolom yang tersedia. Misalnya kalian hanya ingin memecah halaman 10 hingga 20, masukkan '10-20' di kolom yang tersedia dan kalian nantinya akan mendapat 11 file PDF terpisah.

Jika sudah sesuai keinginan, klik 'Pisahkan PDF' yang ada di bagian bawah. Jika proses sudah selesai, file kalian akan otomatis diunduh ke smartphone atau laptop kalian.

Simak Video "Vivo V17 Pro Hadir dengan 6 Kamera Super Kece"
[Gambas:Video 20detik]
(vmp/krs)



Sumber: Detik.com

Klik tautan (link) sumber jika konten berita terpotong atau tidak lengkap
loading...