http://kata.news


HOME I NUSANTARA I MANCANEGARA I EKBIS I OLAHRAGA I IPTEK I HIBURAN

ads

Cegah Pesawat Hancur, BJ Habibie Cetuskan Teori Crack

JAKARTA - BJ Habibie tidak hanya dikenal sebagai pembuat pesawat terbang, ia pun sebagai penemu teori keretakan pesawat atau crack progression. Teori ini memungkinkan pesawat lebih memiliki ketahanan ketika mengudara, mencegah pesawat hancur selama penerbangan.

Dikutip dari website resmi PT Dirgantara Indonesia, teori ini dicetuskan BJ Habibie pada dekade 1960-an. Ini menjadi solusi atau jawaban selama 40 tahun sejarah penerbangan komsersial. Teori tersebut juga dikenal sebagai Teori Habibie, Faktor Habibie, dan Fungsi Habibie.

Teori yang diprakarsai oleh Presiden Ketiga RI ini diakui oleh lembaga penerbangan Eropa. Bahkan, teori tersebut diadopsi dalam pesawat komersial pada zamannya, sebut saja A300 yang diproduksi Airbus pada 1972 hingga 2006.

Untuk diketahui, Airbus merupakan perusahaan penerbangan untuk negara-negara Eropa, Prancis, Jerman, Spanyol, dan Amerika.

BJ Habibie membawa Indonesia menjadi salah satu negara yang mampu membuat pesawat utuh. Pada 1976, Habibie mendirikan PT Industri Pesawat Terbang Nurtanio yang kini menjadi PT Dirgantara Indonesia.

 BJ Habibie tidak hanya dikenal sebagai pembuat pesawat terbang, ia pun sebagai penemu teori keretakan pesawat.

Baca juga: Teori Habibie, Faktor Habibie dan Fungsi Habibie



Sumber: okezone.com

Klik tautan (link) sumber jika konten berita terpotong atau tidak lengkap
loading...