http://kata.news


HOME I NUSANTARA I MANCANEGARA I EKBIS I OLAHRAGA I IPTEK I HIBURAN

ads

Hai Rakyat Indonesia, Yuk Ikut Namai Planet Luar Tata Surya

VIVA – Kabar bagus nih buat kamu penikmat langit dan astronomi. Yuk ikut proyek IAU100 Name Exoworld, yaitu sayembara menamai eksoplanet atau planet luar Tata Surya yang diikuti oleh semua negara di dunia.

Sayembara ini diadakan untuk memperingati ulang tahun International Astronomical Union atau IAU yang ke-100. Makanya kamu warga Indonesia, kuy ikutan setor nama buat planet luar Tata Surya. 

Dilansir dari situs Iau-100, Minggu 8 September 2019, dalam beberapa tahun terakhir ini para astronom menemukan ribuan planet dan bintang-bintang yang mengorbit di bintang terdekatnya. Astronom meyakini tiap bintang yang ada di alam semesta, masing-masing berpotensi memiliki planet.

Bahkan di antara planet luar Tata Surya, ada yang memiliki fisik mirip Bumi. Dengan pemikiran ini masuk akal jika warga Bumi menganggap dirinya sebagai warga kosmos dan membuat ide bagaimana menghadirkan manusia kosmis lainnya. Maka dari itu, sayembara ini diselenggarakan untuk menamai planet yang ditemukan.

Nama-nama yang diterima dari sayembara ini merupakan hasil kompetisi internal yang melibatkan generasi muda. Nama harus memiliki arti yang memotivasi dan harus memiliki penjelasan yang singkat, namun bisa mengungkap secara menyeluruh tentang keinginan negara mengapa memberi nama tersebut.

Baca juga kuy: Soal Nama Menhan Kabinet Jokowi, Nih Kata Hendropriyono

Lihat Juga

Negara yang berpartisipasi dalam pemberian nama eksoplanet dibentuk oleh IAU NOC. Kampanye nasional akan dilakukan dari Juni-November 2019, sedangkan hasilnya akan diumumkan Desember 2019. 

Indonesia bisa namai planet ini

Sayembara di Tanah Air diselenggarakan Himpunan Astronomi Indonesia yang melibatkan ITB, ITERA, Observatorium Bosscha, Lapan, Planetarium Jakarta, UAS, UNAWE Indonesia, langitselatan, HAAJ, Fokalis Jatim, Kafe Astronomi, Penjelajah Langit, Himastron dan Kala.

Nah kabar baiknya lagi nih, eksoplanet yang berkesempatan mendapat nama dari Indonesia adalah sistem bintang HD 117618 yang memiliki planet gas raksasa HD 117618b. Sistem ini ada di rasi manusia setengah kuda atau Centaurus. Sayembara penamaan eksoplanet diadakan September-November 2019.

Akan ada beberapa tahap untuk menamai planet luar Tata Surya lho, nama terpilih akan diajukan ke IAU100 Name ExoWorlds Steering Committe. Nama yang terpilih akan digunakan secara bebas dengan nonmenklatur ilmiah yang sudah ada. Pemenang atau mereka yang memberi nama akan diberi pernghargaan atau kredit.



Sumber: Viva.co.id

Klik tautan (link) sumber jika konten berita terpotong atau tidak lengkap
loading...