http://kata.news


HOME I NUSANTARA I MANCANEGARA I EKBIS I OLAHRAGA I IPTEK I HIBURAN

ads

Pindah ke Bus Listrik, TransJakarta Minta Dukungan Pemerintah China

Jakarta - Sesuai arahan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan, PT Transportasi Jakarta (TransJakarta) bakal melakukan konversi dari bus mesin pembakaran dalam (ICE) ke bus listrik berbasis baterai yang lebih ramah lingkungan.

Sebagai langkah nyata, TransJakarta sedang melakukan uji coba dua mobil listrik buatan China, BYD, dengan ukuran besar dan sedang, yang dites mondar-mandir di jalanan Jakarta, belum lama ini.

Diungkapkan Direktur Utama PT TransJakarta Agung Wicaksono, pihaknya serius dalam menjajaki kerja sama ini. Bahkan tidak hanya bussines to bussines (B to B) saja, kerja sama ini juga dilakukan antar pemerintah (Government to Government). Kata Agung, kerja sama semacam ini merupakan komitmen jangka panjang.

"Seperti contoh pengadaan bus dari pemerintah China, saya tegaskan kepada mereka, saya ingin ada dukungan dari Pemerintah China. Jadi semacam ada G to G support, selain B to B. Untuk memastikan juga bahwa pemerintahnya komitmen untuk menjaga performa para supplier pabrikan yang mencapai 7 pemasok lebih," kata Agung di acara Regional Workshop Soot-Free Urban Bus Fleet in Asia, di Hotel Pullman, Jakarta, Kamis (12/9/2019).

Seperti diketahui, selain BYD, TransJakarta juga sedang menerima tawaran kerja sama dari 7 perusahaan China lainnya, yakni Skywell, ZTE, Zhong Thong Bus, Ashok Leyland, Sunwin, Wineway, dan Kinglong.

Badan Pengelola Transportasi Jabodetabek (BPTJ) menargetkan bisa mengoperasikan 2.000 unit bus listrik pada tahun 2020 mendatang. Selain TransJakarta, ada perusahaan lain seperti PPD yang berminat mengoperasikan armada bus listrik.

"Dari Perum PPD (Pengangkutan Penumpang Djakarta) sudah MoU akan memesan 500 unit bus listrik buatan MAB," kata Kepala BPTJ Bambang Prihartono, di Jakarta, Kamis (12/9/2019).

Simak Video "Bus Listrik Tranjakarta Mejeng di CFD"
[Gambas:Video 20detik]
(lua/ddn)



Sumber: Detik.com

Klik tautan (link) sumber jika konten berita terpotong atau tidak lengkap
loading...