http://kata.news


HOME I NUSANTARA I MANCANEGARA I EKBIS I OLAHRAGA I IPTEK I HIBURAN

ads

Ada Pemain Baru di Pasar Sepeda Motor Indonesia

VIVA – Pasar sepeda motor di Indonesia saat ini diramaikan oleh berbagai merek. Mulai dari asal Jepang seperti Honda dan Yamaha, hingga Eropa seperti Ducati dan BMW.

Beberapa perusahaan lokal juga tidak mau ketinggalan. Mereka bahkan lebih berani, mulai menawarkan produk dengan penggerak masa depan, yakni listrik. Contohnya, Viar dan Gesits.

Kini, ada satu perusahaan lagi yang merambah ke dunia sepeda motor listrik, yakni Selis. Awalnya, perusahaan ini bergerak dalam bidang pembuatan sepeda kayuh yang dibekali dengan dinamo listrik. Namun, melihat perkembangan motor yang begitu pesat, mereka tertarik menjajal peruntungannya.

"Awalnya delapan tahun yang lalu, kami dirikan memang langsung pabrik. Kenapa jadi merek Selis, karena memang rencana awalnya sepeda listrik, belum ada rencana masuk motor listrik," ujar pemilik PT Juara Bike sebagai pemegang merek Selis, Tjoa King Hoa atau Darma di Jakarta Selatan, Rabu 27 November 2019.

Sejak tiga tahun lalu, Selis mulai melakukan riset untuk menghadirkan sepeda motor berbasis listrik. Menurut Darma, model yang paling ideal diterapkan di Indonesia adalah motor listrik berbasis tukar baterai atau battery swap.

Lihat Juga

"Negara mana pun yang bisa battery swap, pasti sukses di motor listriknya. Bayangkan, sekarang kalau kita di rumah pakai LPG, masa kita bawa ke stasiun pengisian dulu?" tuturnya.

Soal produk, Darma mengaku perusahaannya telah menyiapkan satu model. Namun, saat ini prosesnya sedang dalam pengembangan, dan akan diperkenalkan tidak lama lagi.

"Mulai diproduksi tahun depan, 2020 mulai diproduksi massal. Bentuknya mirip motor bebek. Modelnya battery swap, pakai baterai lithium. Harganya di kisaran Rp17 juta," ungkapnya.



Sumber: Viva.co.id

Klik tautan (link) sumber jika konten berita terpotong atau tidak lengkap
loading...