http://kata.news


HOME I NUSANTARA I MANCANEGARA I EKBIS I OLAHRAGA I IPTEK I HIBURAN

ads

Penipuan Iklan Kacamata Ray Ban Nyerang Indonesia, Begini Tips Amannya

VIVA – Praktik penipuan atau scam postingan Instagram yang mencatut iklan kacamata Ray Ban telah beredar sejak pertengahan tahun ini. Postingan itu menampilkan logo perusahaan dan kacamata hitam dengan iming-iming diskon hingga 90 persen.

Viral sejak Juni 2019 di Inggris, kini mulai menyerang pengguna Instagram di Indonesia. Mereka juga mengaku bahwa akun Instagramnya diretas dan tanpa disadari memuat foto promosi Ray Ban.

Salah satunya Yuni Purwariadi. Ia mengaku tidak sadar akun Instagramnya sudah banyak posting foto Ray Ban.

"Awalnya lihat postingan itu di akun teman. Aku pikir dia lagi ikut giveaway," katanya kepada VIVA, Rabu, 27 November 2019. Yuni pun langsung mengklik tautan.

Selang dua hari kemudian ia mengaku mendapat laporan bahwa akun Instagramnya sudah menjadi korban scam. "Enggak lama akun saya disusupi promo Ray Ban. Tapi ini bukan diretas kayaknya. Karena aku masih bisa login. Sepertinya virus," ungkap dia.

Lihat Juga

Pratik ini tak hanya dialami oleh akun Instagram yang masih aktif. Akun yang sudah lama tidak digunakan pun turut menjadi korban peretasan. Mengutip situs Mirror, Senior Research Fellow dari ESET, Nick FitzGerald, menjelaskan praktik penipuan atau scam iklan palsu sudah ada sejak lama di media sosial.

Iklan Ray Ban ini merupakan kelanjutannya. "Selama bertahun-tahun kami sudah melihat penipuan ini ada di Facebook, Twitter maupun Instagram. Platform online disalahgunakan untuk iklan palsu yang mencatut berbagai merek, seperti perusahaan alas kaki, obat-obatan dan Ray Ban," jelasnya.

Meski begitu, Nick memberi tips apabila pengguna Instagram mengalami hal yang sama. Langkah awal adalah logout dari semua sesi yang digunakan. Selanjutnya mengganti kata sandi dan aktifkan otentikasi dua arah.

Kemudian, jangan lupa juga untuk menghapus postingan scam palsu seperti iklan Ray Ban. Karena, pengguna Instagram yang melihat bisa saja tidak tahu bahwa itu praktik penipuan dan justru ikut mengklik tautan yang terpampang di akun Instagram.



Sumber: Viva.co.id

Klik tautan (link) sumber jika konten berita terpotong atau tidak lengkap
loading...