http://kata.news


HOME I NUSANTARA I MANCANEGARA I EKBIS I OLAHRAGA I IPTEK I HIBURAN

ads

Realme X2 Pro: Flagship Tercanggih di Kelasnya

MELALUI realme X2 Pro, realme menghadirkan smartphone kelas atas ke Indonesia. Melihat harga perangkat yang belum diketahui secara resmi tetapi lembar speknya terbilang fenomenal.

Kami telah mencoba realme X2 Pro baru dan sangat terkesan. Temukan di ulasan INILAHCOM mengapa Anda perlu tertarik dengan perangkat ini!.

Desain

Salah satu nilai jual yang tinggi dari produk realme adalah desain dan kualitas pembuatan produknya di atas rata-rata. Boleh saja diatas sketsa, foto, brosur, banyak smartphone di desain dengan bagus, modern, dan terlihat sangat menjanjikan.

Tetapi saat smartphone asli dipegang, perpaduan indra dan rasa, bisa segera menentukan apakah sebuah smartphone benar-benar di desain dengan baik.

realme X2 Pro di desain dengan ukuran yang kompak. Dengan layar 6,5 inci dan tebal hanya 8.7 MM , realme X2 Pro didesain untuk mudah digenggam dan dioperasikan satu tangan, dengan screen to body ratio (perbandingan ukuran layar dengan body smartphone keseluruhan) yang bagus, 91.7%.

Sebenarnya tanpa disadari, ketika mata kita memandang sebuah benda, otak kita sudah mengkalkulasi seberapa berat benda tersebut, dan seperti apa akan terasa ketika disentuh.

Ketika kalkulasi ini memenuhi ekspektasi, ada sinyal pada otak yang mengatakan pas, dan memberi rasa puas.

realme seolah memenuhi harapan ini. Berdasarkan material yang digunakan, dengan berat 199 gRAM, akan terasa bobotnya sesuai dengan penampilannya.

realme X2 Pro dibentuk dari kerangka berbahan aluminum anodized yang di sandwich dengan layar depan berlapis kaca tahan gores corning gorilla glass 5 dengan finishing lengkung 3D, dan lapisan belakang dengan kaca yang sama, penulis sendiri mendapatkan pengujian realme X2 Pro berwarna lunar white yang cukup cantik.

Jika diperhatikan dengan sesama, ada salur-salur micro di sepanjang kerangka aluminum, yang selain membantu grip lebih baik, juga membiaskan cahaya sedikit berbeda dibanding permukaan yang flat, dan membuatnya tampil lebih mewah. Pemilihan bahan ini juga memiliki konsekuensi, device termasuk licin dan harus dipegang lebih hati-hati untuk menghindari kemungkinan jatuh.

Untuk ukuran tangan orang Asia, jika digenggam dengan tangan kiri, dan layar sentuh dioperasikan oleh tangan kanan, penempatan tombol power pas untuk dioperasikan dengan jempol telunjuk knan, dan tombol slider notifikasi dengan jari telunjuk.

Semua tombol terbuat dari bahan aluminum yang sama dan dibuat dengan ukuran yang presisi, dengan tonjolan yang pas. Lubang speaker berjajar baris di kanan bawah dengan drill CNC yang rapi, dengan desain yang simetris.

Pada ponsel terdapat tiga tombol fisik: tombol power di sepanjang sisi kanan, dan volume di sebelah kiri.

Di sepanjang tepi bawah adalah port USB-C dan jack 3,5 untuk port headphone kabel.

Di sudut kanan atas terdapat slot kartu SIM. Dual SIM didukung tetapi tidak menggunakan kartu microSD untuk memperluas penyimpanan.


Di bagian belakang, pemasangan kamera quad yang dipasang secara terpusat serta lokasi off-center dari branding realme awalnya terlihat aneh, tetapi begitu Anda terbiasa, itu tidak akan mengganggu dan justru menguntungkan karena logo realme akan selalu terlihat walau digenggam dengan berbagai macam gaya..

Tidak hanya pada unit, seperti seri sebelumnya realme juga sangat memperhatikan packaging di dalamnya.

Terlihat dari kardus yang di desain dan berbahan baik, hingga kabel data dan charger yang cukup besar yang tidak dibiarkan tampil sekedarnya serta tak lupa silikon case untuk perlindungan lebih maksimal.

Layar Super AMOLED 90 Hz

Setelah desain, layar menjadi bagian lain yang menonjol dari realme X2 Pro. Saat ini, device dengan kategori mid-range ke atas dengan banderol Rp5 juta hingga Rp8 jutaan, selain Samsung, masih jarang yang berani menggunakan layar dengan type Super AMOLED.

Layar dengan karakteristik kontras yang lebar, warna yang pop up dan tingkat kecerahan yang sangat memadai, biasanya bukan pilihan device mid-range, karena komponen layar tipe ini masih mahal, harganya diatas rata-rata layar IPS LCD.

Resolusi layar dari HD (720), ke Full HD (1080) bisa menaikkan harga komponen layar 2 kali lipat, dan layar realme X2 Pro selain memiliki resolusi resolusi 2400 x 1080 piksel dengan kerapatan 402 ppi, juga menggunakan layar type Super AMOLED.

Bisa dikatakan langkah yang berani dan memberikan gambaran kalau realme masih dalam track tujuan mereka, menghadirkan device berkualitas dengan harga terjangkau untuk para milenial Indonesia.

Layar AMOLED, setiap pixelnya bisa berpendar sendiri, jadi saat menampilkan warna hitam, bisa benar-benar true black, karena sesungguhnya cahaya pixelnya bisa dimatikan.

Karena bisa menghasilkan warna hitam yang sungguh-sungguh hitam, dan setiap pixel bisa berpendar sendiri tidak tercampur warna back light, tampilan gambar pada layar AMOLED cenderung lebih memanjakan mata, dengan warna-warna yang lebih saturasi dan kontras.

Di samping layar Super AMOLED tentunya yang menjadi nilai istimewa dari realme X2 pro adalah pembaruannya pada layarnya yang mengusung refresh rate 90 Hz Ultra Smooth Display sekaligus menjadikannya sebagai layar dengan refresh rate 90Hz pertama di Indonesia.

Refresh rate sendiri merupakan hitungan berapa kali layar di-refresh dalam satu detik. Semakin tinggi refresh rate, makin banyak gambar yang di-render. Alhasil gambar yang tersaji di realme X2 pro lebih halus.

Ini akan meningkatkan pengalaman saat menggunakan ponsel, terutama saat dipakai bermain game.

Meski layar dengan refresh rate tinggi membutuhkan lebih banyak daya sehingga baterai cepat terkuras. Namun seiring perkembangan prosesor mobile, optimalisasi sistem, AI dan teknologi baterai, rasanya hal itu tidak akan lagi jadi sebuah kekhawatiran.

Selain itu realme X2 Pro lebih lanjut mendukung HDR10+ dan 100 persen gamut warna DCI-P3, visibilitas layar luar ruang, mode pelindung mata malam hari, dan efek visual ultra-jelas untuk pengalaman menonton yang lebih nyaman dan jelas.

Dengan layar Super AMOLED, realme X2 Pro juga telah dilengkapi dengan solusi pengenalan dan pembukaan kunci sidik jari G3.0 terbaru, yang telah menggandakan area sensitif sentuhan dan meningkatkan intensitas sinyal hingga 40 persen.

Menawarkan kecepatan pembukaan kunci rata-rata hanya 0,23 detik, ini merupakan in-display fingerprint tercepat yang ada pada saat ini di pasar.

Kamera

Kamera utama belakang realme X2 Pro beresolusi 64MP hadir dengan konfigurasi empat kamera dengan lensa telefoto 5x Hybrid Optical Zoom, lensa ultra-wide angle 115, dan lensa potret besutan Samsung ISOCELL GW1.

Kamera depan untuk selfie beresolusi 16MP, angka yang tinggi untuk kamera depan yang rata-rata 8MP.

Berbeda dengan banyak smartphone yang menawarkan banyak filter, kamera realme X2 Pro lebih sederhana, tetapi menawarkan fitur kamera yang tidak banyak dipunya semua smartphone, seperti adanya fitur nightscape dan Ultra Video Stabilization.

Nightscape untuk pengambilan gambar low light pengurangan noise, anti-shake genggaman, pengurangan silau, dan meningkatkan dynamic range untuk Nightscape dalam menangkap kecerahan dan detail yang bahkan tidak terlihat oleh mata manusia.

Sementara Ultra Steady bisa meminimalisir goncangan pada tangan ketika merekam video sembari berjalan. Fitur Ultra Steady ini baru dihadirkan oleh realme dalam seri flagship nya, realme X2 Pro.

Pengoperasian memilih menu kamera juga sangat mudah, cukup dengan tap.Untuk hasil foto, pos processing yang digunakan realme X2 Pro cukup berorientasi menghasilkan hasil foto dengan kontras yang lebar, warna yang lebih saturasi dan dipertajam.

Tangkapan Kamera 64MP cukup inovatif, dilengkapi dengan teknologi Tetracell dan 3D HDR, berkinerja luar biasa dalam kondisi apa pun. Kekuatan pencitraannya yang luas mampu menghasilkan gambar skala penuh resolusi tinggi 9280x6944 - sangat besar sehingga dapat dicetak pada poster sekira 3,6 meter.

Foto yang dihasilkan di pencahayaan yang cukup menangkap banyak detail, bahkan ketika foto di zoom dan di crop, banyak bagian detail yang masih bisa didapat dengan baik. Pada kondisi lowlight, noise hampir tidak kentara.

Dengan menggunakan kamera utama, foto di siang hari tampak cerah dan bersemangat. Algoritma realme mencoba untuk mencapai keseimbangan yang tepat antara warna yang sangat cerah dan nada alami.

Sebagian besar, hasil akhirnya terlihat bagus dan Anda bahkan mungkin tidak perlu mengedit sebelum mengunggahnya di Instagram atau Facebook.

Untuk Zoom optik 2x standar menghasilkan foto yang jelas tanpa kehilangan semangat warna dan kecerahan. Namun, ketika Anda memperbesar hingga 5x, gambarnya masih terasa tajam dan tidak kehilangan detail atau warna.

Itu membantu saat memotret di luar ruangan. realme mengklaim Anda bisa melakukan zoom 20x tapi itu murni digital zoom. Ini adalah pembesaran digital yang baik dan jika Anda menjaga tangan Anda tetap stabil, algoritme kamera akan memberi Anda foto yang jelas dengan detail yang layak.

Kamera ultrawide juga mengambil foto yang tampak bagus dengan distorsi minimal terhadap tepian. Namun, nada warna dalam foto ultra-wide tampak pucat dibandingkan dengan foto-foto dari kamera utama.

Penyetelan mode potret realme cukup bagus dengan deteksi tepi pada subjek dan level bokeh yang cukup presisi.

Kamera selfie 16-megapiksel juga cukup mengesankan dengan foto-foto tajam yang mempertahankan warna-warna cerah, kontras tinggi dan pencahayaan yang baik. Sekali lagi, mode potret melakukan pekerjaan yang sangat baik untuk menjaga level bokeh halus dan deteksi spot-on untuk subjek.

Namun bagi pria, saya sarankan Anda harus menonaktifkan level kecantikan sebelum Anda mulai mengklik selfie - pemrosesan berlebihan memang terkadang membuat aneh apalagi jika melihat pria berjenggot tampak cantik pada waktu-waktu tertentu.

Secara keseluruhan kamera realme X2 Pro cukup bisa diandalkan dari segi kecepatan, dan hasil yang didapat.

Untuk perekaman realme X2 Pro mendukung video resolusi 4K, sementara algoritma UIS super anti-shake baru dan giroskop built-in, sangat sensitif mengoreksi guncangan tangan secara real-time, sedemikian rupa sehingga dapat dibandingkan dengan kamera olahraga profesional. Baik kamera depan dan belakang mendukung stabilisasi video EIS.

Ini beberapa contoh hasil dari kamera realme X2 Pro.

Penyuntingan 64MP

Nightscape

Kamera Depan

Performa

Sebagai otak utama, realme X2 Pro menggunakan prosesor Snapdragon 855 plus dari Qualcomm dengan fabrikasi 7nm dan Adreno 640 GPU. Prosesor ini adalah chipset mobile tercanggih sejagat raya saat review ini ditulis. Dengan sebuah evolusi dari platform sebelumnya yakni Snapdragon 855.

Bukan main-main karena prosesor ini ini secara kinerja sangat mumpuni, dan menjadi prosesor flagship dari Qualcomm yang paling banyak digunakan perangkat hi-end.

Penulis rasanya ingin mengakhiri saja bagian kinerja performa ini karena kualitas snapdragon 855 plus tampaknya tidak usah dipertanyakan lagi.

Tapi untuk lebih meyakinkan lagi marilah kita uji prosesor Snapdragon 855 plus yang memiliki 8 inti prosesor custom Kyro ini, dengan hasil benchmark AnTuTu untuk mengecek kinerja keseluruhan di angka 450.000 an, dan geekbench untuk mengecek kemampuan prosesor baik single maupun multicore di angka 600an dan 2500an sementara untuk pengujian grafis 3dmark sling shot extreme berhasil membukukan kisaran 5000n.

Dengan memiliki score AnTuTu rata-rata 130.000 poin dan hasil 3dmark yang cukup tinggi, ini berarti secara penggunaan sehari-hari, prosesor dan GPU ini sangat bisa diandalkan, termasuk bermain game-game berat dengan visual ultra sekalipun.

Di indonesia kabarnya hanya akan tersedia dengan RAM 12GB realme X2 Pro ini terbilang lebih dari sekedar cukup, selama digunakan multitasking dengan banyak aplikasi berjalan di belakang, manajemen RAM nya senantiasa tidak pernah menunjukkan kehabisan RAM.

Untuk storage tersedia dengan 256GB ROM. Dengan RAM LPDDR4X untuk membawa kinerja ke tingkat berikutnya, memori 256GB menerapkan teknologi UFS 3.0 perpindahan aplikasi tetap berjalan dengan cepat dan lancar.

Sebelum masuk ke bagian selanjutnya Anda bisa melihat performa realme X2 Pro saat memainkan gim Arena of Valor dan Call of duty mobile serta demo kecepatan teknologi pengisian daya VOOC 50w pada video di bawah ini.

[embedded content]

Baterai

Satu teknologi bagus yang sudah dibuktikan realme dan digunakan secara umum adalah VOOC Flash Charge, yakni charging cepat yang menyaingi teknologi fast atau quick charge dari Qualcomm yang banyak digunakan pada smartphone brand lain.

Kini teknologi selanjutya terdapat pada realme X2 Pro karena sudah mengusung teknologi 50W SuperVOOC Flash Charge tingkat-lanjut.

Memang terbukti jauh lebih cepat proses charging-nya pada saat awal, sehingga menguntungkan untuk smartphone yang mulai kehabisan baterai. Teknologi ini bisa memungkinkan mendapatkan baterai yang cukup, dalam waktu charging yang singkat.

realme X2 Pro hadir dengan baterai 4000mAh dan di bawah skenario penggunaan sedang, yang meliputi banyak mengirim pesan teks, mengklik foto, menjelajah web, memeriksa aplikasi media sosial, bermain di YouTube dan sesi gim bermain COD dan AOV, telepon dengan mudah berlangsung sepanjang hari, dengan 25 persen rata-rata untuk cadangan. Itu bagus tapi yang mengejutkan adalah kecepatan pengisian daya dan saya belum pernah melihat yang seperti ini sebelumnya.

realme X2 Pro mendukung pengisian cepat 50W SuperVOOC Flash Charge dan realme mengatakan Anda dapat mengisi baterai dari 0 hingga 100 persen dalam 35 menit.

Dalam tes pribadi, waktu pengisian biasanya berkisar antara 28 hingga 33 menit dari 0 persen hingga 100 persen, ini terbilang luar biasa. Sistem pengisian cepat ini sangat membantu saat Anda di luar ruangan.

Setelah Anda terbiasa dengan pengisian 50W Super VOOC Flash Charge, setiap sistem pengisian cepat ponsel lainnya tampak lambat seperti kura-kura.

Audio dan NFC

Pada X2 Pro anda juga bisa menemui teknologi suara surround Dolby Atmos dan Hi-Res Sound Quality, lalu apa fungsinya?

Dengan teknologi Dolby Atmos ini tata suara yang merupakan sering kita temui di bioskop, dengan efek suara surround sesuai sumber suara dan menggelegar.


Keberadaan Dolby Atmos terasa sangat membantu untuk menikmati konten musik, video atau film, sekalipun belum mendukung tata suara Dolby Atmos sekalipun. Video-video YouTube atau Facebook dari wawancara, review, cuplikan film, hingga klip video music terasa lebih enak dinikmati karena suara yang lebih bertenaga dan jelas.

realme sendiri juga mempunyai earphone nirkabel yang memanjakan telinga. Bernama realme Buds Wireless, earphone ini telah disetel oleh produser sekaligus DJ Alan Walker selama masa pembuatannya, guna menawarkan pengalaman audio mendalam melalui bass yang ditingkatkan.

Dengan kombinasi keduanya ini ketika penulis mencoba realme Buds Wireless dengan X2 Pro ini mampu mengeluarkan bass yang sempurna menghentak dengan detail suara mengagumkan.

Fitur plus lain ada pula NFC yang perdana realme hadirkan di seri tertingginya ini pastinya cukup membantu para penggunanya guna memudahkan pengguna untuk melakukan proses transaksi digital emoney dengan hanya melakukan satu kali tap pada bagian belakang ponsel sekitar kamera.

Spesifikasi:

Kesimpulan

Langkah berani dan nyata dari realme yang baru berusia satu tahun untuk sekali lagi mengganggu pasaran smartphone Tanah Air dengan membawa seri flagship tertinggi, realme X2 Pro ke Indonesia dengan harga yang tentunya kompetitif.

Sebagai penulis yang sudah banyak menulis review produk realme, ponsel realme X2 Pro bisa dibilang adalah produk mahakarya terbaik yang dibuat dengan memiliki segalanya dari keunggulan utama komputasi Snapdragon 855+, layar Super AMOLED dengan 90Hz Ultra Smooth Display pertama di Indonesia dan quad kamera utama yang beresolusi 64MP.

Terlebih lagi, realme X2 Pro menghadirkan teknologi 50W SuperVOOC Flash Charge yang luar biasa ngebut dalam bidang pengisian daya baterai.

Hal ini menjadikan realme X2 Pro kandidat yang sangat tepat dimiliki oleh pengguna aktif yang tidak suka membuang-buang waktunya untuk membanding-bandingkan ponsel.

Semuanya sudah lengkap dan maksimal. Dengan kemungkinan harga jual mulai Rp7 jutaan, realme X2 Pro menjadi smartphone flagship terbaik yang layak dipinang saat ini.



Sumber: Inilah.com

Klik tautan (link) sumber jika konten berita terpotong atau tidak lengkap
loading...