http://kata.news


HOME I NUSANTARA I MANCANEGARA I EKBIS I OLAHRAGA I IPTEK I HIBURAN

ads

Review realme X2 Pro: Menjajal Sang Flagship Killer

VIVA – Dengan realme X2 Pro, realme resmi menghadirkan smartphone kelas atas ke Indonesia. Sementara merek-merek lain sudah hampir selesai dengan pengumuman smartphone flagship mereka untuk tahun 2019, realme menghadirkan kejutan dengan membawa realme X2 Pro. Melalui smartphone ini untuk pertama kalinya mereka bermain di kelas flagship.

realme X2 Pro adalah smartphone pertama perusahaan Tiongkok tersebut dengan prosesor andalan, Qualcomm Snapdragon 855+, yang membuatnya valid untuk masuk ke jajaran smartphone premium. Kami telah mencoba realme X2 Pro dan amat terpesona olehnya. Temukan ulasan kami mengapa kami begitu terpesona dan mengapa Anda perlu melirik perangkat ini!

Desain Kombinasi Kaca dan Aluminium

realme X2 Pro seperti kebanyakan smartphone yang ada di pasaran saat ini menggunakan material bodi yang terbuat dari 3D Gorilla Glass 5 dan logam lebih tepatnya aluminium. Dengan motif kilau yang unik di bagian belakang realme X2 Pro memiliki tampilan yang indah dan elegan meski tidak terlalu ringan (199 gram).

Bodi mengilap dengan mudah menarik sidik jari, tetapi menawarkan desain yang bersih meski penempatan logo menurut kami terasa agak kurang mainstream. Sebab, kompartemen fotografi yang terdiri dari empat sensor kamera yang selaras secara vertikal di "sisipkan" logo merek yang berpindah dari model-model sebelumnya.

Tepinya sedikit melengkung di sepanjang sisi yang meningkatkan ergonomi smartphone. Kamera yang menonjol keluar dari bodi membuat smartphone sedikit berguncang ketika ditaruh di permukaan yang datar.

Ada tiga tombol fisik: tombol power di sisi kanan, dan volume di sebelah kiri. Di sepanjang tepi bawah adalah port USB-C, jack mini untuk headphone kabel dan grill speaker. Di sudut kanan atas terdapat slot kartu SIM. Meski mendukung fitur Dual SIM tetapi Anda tidak bisa menggunakan kartu microSD untuk memperluas memori.

Di bagian depan, realme X2 Pro menawarkan layar besar dengan notch berbentuk minidrop yang menjadi rumah bagi kamera depan. Rasio layar-ke-bodi termasuk yang sangat baik sebesar 91,7 persen.

Layar 90Hz Ultra Smooth Display selembut sutra

realme, melalui penciptaan realme X2 Pro, telah memikirkan pengguna yang suka menggunakan smartphone mereka untuk memaksimalkan konten multimedia, termasuk game. Ini terbukti dengan panel Super AMOLED seluas 6,5 inci dengan resolusi 2400 x 1080 piksel yang menghasilkan 402 ppi dan refresh rate 90Hz yang pertama di Indonesia.

90Hz Ultra Smooth Display ini adalah fitur tidak berwujud, sulit untuk dievaluasi dalam penggunaan sehari-hari kecuali jika Anda beralih ke opsi dengan kecepatan refresh yang lebih rendah maka akan terlihat jelas perbedaannya. Menemukan fitur ini di realme X2 Pro adalah sebuah kejutan manis yang sangat menyenangkan jika mengingat harga yang dibanderol.

Kejutan lain yang menyenangkan adalah pembaca sidik jari terintegrasi di bawah layar atau mereka lebih senang dengan menyebutnya In-display fingerprint. Registrasi sidik jari cukup cepat dan pembukaan kuncinya akurat. realme mengklaim sebagai yang tercepat di pasar dengan waktu buka kunci 0,23 detik.

Kinerja Tak Diragukan

Dalam urusan kinerja, realme X2 Pro tidak perlu diragukan. Penggunaan prosesor top-of-the-line yaitu Snapdragon 855+ dan konfigurasi RAM besar 12GB berarti perangkat ini akan melakukan apa saja secara sempurna yang Anda minta. 

Dibandingkan dengan Snapdragon 855, ada peningkatan 5% untuk inti CPU tunggal dan peningkatan 15% untuk kinerja rendering GPU.

Kami menguji sejumlah besar judul game, termasuk PUBG Mobile, Fortnite Mobile, dan Call of Duty Mobile. Kami belum mengalami lag atau penurunan frame rate saat bermain game dengan realme X2 Pro dengan setting rata kanan.

Sebagai catatan, memori penyimpanan sebesar 256GB di realme X2 Pro menggunakan jenis penyimpanan UFS 3.0 yang lebih cepat kinerjanya dalam mencatat data. Menjelajahi ColorOS 6.1, beralih antar aplikasi, dan mengambil foto dan video tidak pernah terasa lambat dengan perangkat ini.

Lihat Juga

Kamera Serba Bisa

Ketika kami membuka smartphone ini, hal pertama yang kami periksa adalah kamera. Ada banyak fleksibilitas dalam mengambil berbagai jenis gaya pemotretan dengan sistem quad-camera di bagian belakang. Dimulai dari kemampuan hingga 20x zoom, mengambil bidikan ultra-wide yang bagus; bidikan mode portrait, semua dapat diambil dengan baik.

Sensor utama 64MP dapat mengambil bidikan secara detail yang sangat bagus saat subjek terpapar cahaya cukup. Di siang hari, Anda dapat mengharapkan detail bagus dan warna seimbang.

Di malam hari, noise dan hilangnya detail terlihat. Di sini realme masih harus bekerja lebih keras lagi. Hal yang sama berlaku untuk zoom, fitur ini dapat berguna dalam sejumlah konteks asalkan digunakan dengan tangan yang stabil atau bantuan tripod yang akan menghasilkan foto lebih baik juga tambahan kondisi pencahayaan yang baik.

Bidikan mode portrait cukup baik. Pemisahan antara subjek dan latar belakang muncul dengan baik hanya jika tepinya jelas perbedaannya. Sedangkan bagian seperti rambut dan kacamata misalnya terkadang sebagian akan buram.

Kamera selfie baik dan juga dapat mengambil gambar yang bagus di bawah kondisi pencahayaan buatan atau di dalam ruangan. Mode Portrait turut tersedia di kamera depan dan kami menemukan bahwa mode ini menangkap lebih banyak detail daripada dalam mode normal. Tak lupa, kamera depan juga sudah terpasang fitur Nightscape untuk pengambilan gambar malam hari.

Hal yang menarik soal menangkap video adalah fitur Ultra Steady yang luar biasa mengurangi banyak goncangan ketika merekam video sembari bergerak. Perekaman video kamera belakang juga sudah mendukung mode wide-angle dan bokeh. Tak ketinggalan, Anda juga dapat merekam video hingga resolusi 4K 60 fps dengan kamera belakang dan 1080p 30 fps di bagian depan.

50W Super VOOC Flash Charge

realme X2 Pro bertahan dengan baterai berkapasitas 4000mAh. Jika digunakan dalam skenario penggunaan sedang, yang meliputi banyak mengirim pesan teks, mengambil foto, browsing web, memeriksa media sosial, menonton YouTube dan sesi game PUBG, smartphone ini masih bisa bertahan sepanjang hari dengan menyisakan kapasitas sekitar 20 persen rata-rata.

Tapi bukan itu sorotan utamanya, baterai realme X2 Pro mendukung pengisian cepat 50W SuperVOOC Flash Charge dan realme mengatakan Anda dapat mengisi baterai dari 0 hingga 100 persen dalam 35 menit saja.

Tak percaya akan klaim itu, kami pun mengetes SuperVOOC tadi. Dalam tes pribadi kami, waktu pengisian malah bisa lebih cepat lagi, berkisar antara 28 hingga 30 menit, ini luar biasa. Bisa dibilang ini adalah sistem pengisian baterai tercepat yang ada dipasaran saat ini. Sistem pengisian cepat ini sangat membantu saat Anda di luar ruangan. Setelah Anda terbiasa dengan pengisian 50W SuperVOOC Flash Charge, kami yakin Anda akan merasakan setiap sistem pengisian cepat lainnya tampak lambat.

Kesimpulan

Seolah ingin lebih menegaskan posisinya di pertarungan pasar smartphone di Indonesia, realme memboyong seri flagship-nya ke Indonesia. Nampaknya realme sekali lagi ingin menjadi pelopor gebrakan pasar ponsel dan menaikkan standar sebuah ponsel di setiap segmen harga. Kompetitor lain harus mengawasi realme karena vendor Tiongkok ini telah resmi menjejakkan kaki di pasar smartphone flagship Tanah Air. 

Setelah puas mengulas realme X2 Pro selama dua minggu, tak pelak ini adalah flagship killer saat ini. Flagship terkuat yang siap dibeli dipasaran berkat spesifikasi kelas atas seperti Snapdragon terkencang 855+ ditunjang oleh RAM 12GB dan ROM 256GB, panel layar Super AMOLED dengan refresh rate 90Hz yang meluncur halus ketika penggunaan dan hal paling menakjubkan adalah teknologi 50W SuperVOOC Flash Charge. Belum termasuk fitur kamera yang revolusioner seperti Ultra Steady, efek bokeh, wide-angle dan fitur unggulan Nightscape serta fitur yang paling dinantikan, NFC. 

Namun untuk pemrosesan akhir gambar terutama ketika mengambil gambar pada malam hari, realme masih harus belajar dari rekan smartphone flagship lain. Selebihnya kami terpesona oleh ponsel flagship keluaran realme ini. 



Sumber: Viva.co.id

Klik tautan (link) sumber jika konten berita terpotong atau tidak lengkap
loading...