http://kata.news


HOME I NUSANTARA I MANCANEGARA I EKBIS I OLAHRAGA I IPTEK I HIBURAN

ads

Sah, Hyundai Bakal Punya Pabrik Mobil di Indonesia

VIVA – Hyundai menjadi salah satu produsen mobil yang menjajal peruntungannya di pasar otomotif Tanah Air. Saat ini, produk yang dijual masih berstatus impor atau completely built up alias CBU.

Kini, pabrikan mobil asal Korea Selatan itu akan berinvestasi di Indonesia. Hyundai akan menggelontorkan dana USD 1,55 milar atau Rp21,8 triliun, untuk membuka pabrik seluas 77,6 hektar yang berlokasi di kawasan industri Deltamas, di Cikarang, Jawa Barat.

Untuk menandai keseriuasannya, Hyundai Motor Company sudah menandatangani nota kesepahaman bersama dengan pemerintah Indonesia. Pabrik tersebut nantinya bakan menjadi pusat manufaktur pertama Hyundai di wilayah ASEAN.

Executive Vice Chairman Hyundai Motor Group, Euisun Chung mengatakan, pembangunan pabrik manufaktur Hyundai Motor di Indonesia dapat terlaksana berkat kerja sama dan dukungan dari pemerintah.

"Hyundai secara aktif akan terus mendengarkan dan menanggapi setiap harapan dan kebijakan pemerintah Indonesia berterkaitan dengan kendaraan ramah lingkungan serta akan terus berupaya berkontribusi terhadap komunitas ASEAN," ujarnya dalam keterangan resmi, Rabu 27 November 2019.

Lihat Juga

Pabrik Hyundai di Indonesia itu, rencananya mulai dibangun pada bulan Desember 2019, dan diharapkan bisa mulai beroperasi pada semester kedua tahun 2021.

Fasilitas baru ini punya kapasitas tahunan sekitar 150 ribu unit, dan ditargetkan bisa mencapai kapasitas penuh untuk memproduksi sekitar 250 ribu kendaraan setiap tahunnya.

Membuka pabrik bukan hanya dilakukan oleh Hyundai. Sebelumnya, merek otomotif Jepang Mitsubishi juga menjadikan Indonesia sebagai basis produksi mobil barunya Xpander, serta beberapa model lainnya.

Tak hanya itu, merek mobil dari Tiongkok, yakni DFSK dan Wuling juga sudah memiliki fasilitas produksi lokal. Semua mobil yang dijual ke seluruh wilayah Nusantara bahkan lahir dari pabriknya di Indonesia.



Sumber: Viva.co.id

Klik tautan (link) sumber jika konten berita terpotong atau tidak lengkap
loading...